-->
7 Obat Herbal untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Penderita HIV/AIDS

7 Obat Herbal untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Penderita HIV/AIDS

7 Obat Herbal untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Penderita HIV/AIDS

7 Obat Herbal untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Penderita HIV/AIDS

Go- Health , Pada tahun 2015 telah diketahui jika ada 36,7 juta orang di dunia yang terkena HIV/AIDS. Sedangkan di Indonesia ada sekitar kurang lebih 23 ribu orang yang terdiagnosis HIV/AIDS. Walau​ perkembangan yang semakin pesat, sampai sekarang belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit tersebut.

Oleh sebab itu yang bisa dilakukan hanya mengurangi gejala yang timbul si penderita supaya hidup lebih nyaman. Nah, berikut ini adalah Obat herbal untuk HIV/AIDS yang bisa membantu ODHA untuk mengatasi gejala kesehatan yang mungkin muncul.



1. Lidah buaya
Tanaman ini sangat bermanfaat untuk mengatasi sembelit yang sering menjadi gejala HIV/AIDS. Anda bisa mengambil ekstraknya. Caranya rebus lidah buaya dan minum airnya. Tapi, jika mengalami diare berhenti meminumnya.

2. Bunga Calendula
Calendula dikenal sebagai tanaman hias. Jenis bunga ini dapat digunakan ODHA sebagai obat anti bakteri dan penyembuh luka. Untuk mengobati luka, Calendula dijadikan bahan mengompres bagian tubuh yang terluka. Apabila mengalami di bagian pencernaan, bagian kepala bunga Calendula bisa dijadikan teh.

3. Daun basil
Daun basil bentuknya​ mirip dunia kemangi. Daun basil bisa digunakan untuk meredakan mual dan melancarkan pencernaan. Selain itu, bisa digunakan penyembuhan luka pada mulut. Caranya, Anda menambahkan daun basil ke makanan saat mual dan perutnya Yeri. Jika lukanya di mulut, Anda bisa merebusnya dan ekstraknya dapat dijadikan obat kumur.

4. Kapulaga
Kapulaga termasuk dalam rempah-rempah yang sering digunakan untuk bumbu masa Indonesia. Kapulaga dapat membantu ODHA untuk mengatasi pencernaan, gejala mual, muntah dan meningkatkan nafsu makan. Caranya bisa dijadikan teh atau hanya dengan mencampurkan sebagai bumbu masakan.

Baca juga: 4 Hal Menjalani Hidup Sehat Setelah Didiagnosis Dengan HIV

5. Kayu manis
Cinnamon, berfungsi untuk meredakan gejala flu, diare, dan mual. Selain itu bisa meningkatkan nafsu makan dan merangsang pergerakan usus. Caranya bisa diolah menjadi teh atau dicampurkan ke dalam masakan.

6. Cengkeh
Cengkeh berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan, mengatasi mual, muntah dan diare. Cengkeh bisa di gunakan dalam berbagai masakan, misalnya di sup.

7. Ketumbar
Ketumbar sangat bermanfaat untuk​ mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur di tubuh yang terinfeksi. Selain itu, untuk menambah nafsu makan penderita HIV/AIDS, sehingga asupan makannya tercukupi dengan baik.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser