-->
3 Pantangan yang Harus Dihindari Selesai Menjalani Operasi Caesar

3 Pantangan yang Harus Dihindari Selesai Menjalani Operasi Caesar

3 Pantangan yang Harus Dihindari Selesai Menjalani Operasi Caesar

3 Pantangan yang Harus Dihindari Selesai Menjalani Operasi Caesar
Ilustrasi konsultasi operasi caesar


Go- Health , Untuk Ibu yang melakukan proses melahirkan dengan operasi Caesar sangat membutuhkan waktu yang lama dalam pemulihannya. Dalam pemilihannya pun tidak mudah, banyak hal yang harus diperhatikan. Terlebih ada beberapa pantangan setelah operasi Caesar yang harus dilakukan supaya cepat pulih. Berikut ini berbagai pantangan setelah operasi Caesar yang harus diketahui. Pantangan aktivitas fisik setelah caesar, merawat luka, pantangan makanan dan minuman.

Pertama mengetahui, Pantangan aktivitas fisik seperti berikut ini.
1. Aktivitas fisik yang berat. Hal tersebut tidak diperbolehkan untuk Anda seperti melakukan aktivitas fisik atau olahraga​ yang berat, misal senam seronok, bersepeda dan berenang. Namun, bukan berarti hanya berdiam seharian di rumah, Anda bisa melakukan aktivitas fisik yang membuat tubuh Anda tetap bergerak, misal jalan kaki.

2. Melakukan hubungan intim. Para ahli menganjurkan untuk melakukan hal itu selam 6 minggu setelah operasi. Saat itu, rahim pulih dan perdarahan sudah berhenti sepenuhnya. Begitupun dengan hormon akan mengalami perubahan, misalnya Anda kurang bergairah. Oleh sebab itu, tubuh Anda butuh waktu untuk memulihkan menjadi normal.

3. Kurang tidur, mungkin sangat sulit untuk Anda untuk mengatur waktu tidur, sebab harus merawat bayi dan memberikan ASI eksklusif, tapi Anda harus pandai untuk mencari waktu luang beristirahat.

4. Membawa barang yang berat. Hindarilah​ membawa barang yang beratnya melebihi bayi Anda, sebab akan mempengaruhi luka operasi.

Pantangan dalam merawat luka setelah operasi caesar
1. Tak menjaga kebersihan diri. Hal yang paling utama dilakukan yaitu menjaga luka operasi supaya tetap bersih. Anda hanya perlu menjaga kebersihan diri tanpa mengganti perban luka jahitan, sebab biasanya itu hanya dilakukan saat kontrol ke dokter. Mulalah mencuci tangan dengan air mengalir, sabun dana memastikan area luka tetap bersih.

2. Membasahi luka bekas operasi. Jahitan operasi Caesar akan di hilangkan 2-3 minggu kemudian. Tugas Anda hanya menjaga supaya jahitan tetap kering, sehingga ikan akan cepat sembuh.

Pantangan makanan dan minuman
1. Diet ketat, melakukan diet yang sehat juga dapat membantu proses pemulihan. Honda diet ketat setelah operasi Caesar. Walaupun Anda menginginkan tubuh kembali ideal, hal ini akan berpengaruh pada proses pemulihan dan kualitas ASI.

2. Kurang makan serat dan minum. Mengalami susah BAB setelah selesai operasi. Tentu saja itu membuat tidak nyaman, apalagi saat mengejan lebih keras, makan kaan menimbulkan rasa sakit di luka operasi. Oleh karena itu perbanyaklah makan serat dan minum air putih secukupnya.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser