-->
Benar atau Salah Deodoran Dapat Menyebabkan Kanker Payudara?

Benar atau Salah Deodoran Dapat Menyebabkan Kanker Payudara?

Benar atau Salah Deodoran Dapat Menyebabkan Kanker Payudara?

Benar atau Salah Deodoran Dapat Menyebabkan Kanker Payudara?
Ilustrasi Deodorant

Go- Health ,Mungkin Anda pernah mendengar jika memakai deodorant dan antiperspirant bisa menyebabkan kanker payudara. Hingga sekarang, pendapat tersebut belum dapat dibuktikan sepenuhnya.

Sebab pada tahun 2002 ada penelitian yang melibatkan 813 wanita yang didiagnosis kanker payudara dan 793 wanita yang tidak memiliki kanker payudara. Penelitian tersebut tidak menunjukkan adanya hubungan antara pengguna deodorant dan antiperspirant, atau mencukur bulu ketiak, dengan resiko kanker payudara.


Apakah kandungan aluminium di deodorant menimbulkan kanker payudara?

Alumunium adalah komponen aktif yang ada di deodorant dan antiperspirant. Cara kerjanya dapat menyumbat Kupang keringat di ketiak sementara, sehingga menyumbat keringat keluar.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan jika bahan alumunium dipakai terus-menerus makan akan terjadi perubahan pada reseptor hormon esterogen ya ada di sel payudara. Sebab esterogen ini berperan dalam terbentuknya pertumbuhan sel kanker di payudara, jadi dalam penelitian menyimpulkan jika pemakaian antiperspirant yang mengandung alumunium ada hubungannya dengan kejadian kanker payudara.

Namun masih belum jelas berapa banyak alumunium yang dapat di serap oleh kulit kita. Dalam penelitian membuktikan bahwa alumunium dari antiperspirant yang di serap kulit hanya 0,012%. Kemungkinan alumunium yang ada di antiperspirant masuk ke tubuh lewat penyerapan kulit jauh lebih kecil dibandingkan dengan yang ada di makanan.

Mengapa ketika pemeriksaan mammogram kita tidak boleh memakai deodoran? Apakah ini artinya deodoran menyebabkan kanker payudara?

Saat Anda ingin menjalani mammogram, diminta untuk tidak menggunakan deodorant karena produk tersebut mengandung alumunium.

Komponen tersebut akan muncul hasil pemeriksaan berupa bintik-bintik kecil yang mirip dengan microcalcification, suatu keadaan bertanda adanya kanker payudara. Oleh sebab itu pemakaian deodorant dan antiperspirant tidak di bolehkan ketika sedang menjalani pemeriksaan mammogram, akan menimbulkan hasil yang rancu.

Jadi, apakah aman menggunakan​ deodoran?

Hingga sekarang masih belum ada penelitian yang bisa menyatakan bahwa pemakaian deodorant dan antiperspirant yang menimbulkan kanker payudara. Jika khawatir dengan resiko tersebut, anda bisa memilih deodorant yang menggunakan bahan kimia seminal mungkin.



Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser