-->
6 Buah dengan Indeks Glikemik Rendah, yang Aman untuk Penderita Diabetes

6 Buah dengan Indeks Glikemik Rendah, yang Aman untuk Penderita Diabetes

6 Buah dengan Indeks Glikemik Rendah, yang Aman untuk Penderita Diabetes

Buah yang baik untuk penderita diabetes

Goseha ,Buah merupakan sumber serat yang bagus untuk dikonsumsi siapapun. Namun, untuk penderita diabetes harus lebih berhati-hati dalam memilih buah. Sebab, ada beberapa buah yang mengandung indeks glikemik tinggi yang bisa meningkatkan gula darah secara derastis. Buah yang bagus untuk penderita diabetes yaitu buah yang memiliki indeks glikemik rendah.

Apa pengaruh skor indeks glikemik di makanan?

Dalam makanan mempunyai indeks glikemiknya masing-masing, salah satunya buah-buahan. Indeks Glikemik (IG) merupakan ukuran seberapa cepat sebuah makanan diproses tubuh menjadi gula darah. apabila indeksnya tinggi maka makanan tersebut akan cepat diproses menjadi gula darah dan akhirnya akan meningkat kadar glukosa darah. Jadi, makanan dengan indeks glikemik tinggi sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes.

Untuk mengetahuai IG yang dikatakan rendah jika memiliki nilai kurang dari 50. Sedangkan makanan yang lebih dari 70 digolongkan sebaik indeks glikemik tinggu. Untuk penderita diabetes, sebaiknya mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik dibawah 50.

Apa sajakah jenis buah untuk diabetes yang memiliki indeks glikemik rendah?

Walaupun mempunyai rasa manis yang alami didapatkan dari buah-buahan segar cenderung aman untuk penderita diabetes, tetapi tetap saja ada buah yang memiliki nilai IG tinggu dan akan mudah memengaruhi kadar gula darah. Berikut ii buah yang memiliki indeks glikemik rendah yang baik untuk penderita diabetes.
Jeruk nilai indeks glikemiknya 39
Apel nilai indeks glikemiknya 40
Stroberi nilai indeks glikemuknya 41
Pisang nilai indeks glikemiknya 48
Anggur nilai indeks glikemiknya 53
Pir nilai indeks glikemiknya 38

Apakah bisa penderita diabetes tak boleh makan buah lain selain itu?

Untuk mengonsumsi buah yang lainnya boleh saja, namun harus ditatur seberapa banyak konsumsi buah dengan indeks glikemik yang tinggi. Sebab, semua buah-buahan baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes dan sumber serat yang baik. Seperti halnya buah semangka yang memiliki IG yang cukup tinggi,sekitar 72. Jadi, Anda tidak boleh makan banyak supaya mencegah kadar gula darah naik.

Penderita diabetes harus menghindari buah kalengan dan buah kering. Sebab, buah-buahan yang di olah melewati berbagai proses dipabrik biasanya mengandung gula serta natrium yang tinggi, sehingga bruruk untuk kadar gula penderita.

Walaupun buah yang dipilih memiliki indeks glikemik rendah, namun tetap saja dalam prosesnya telah ditambahkan gula yang tidak baik untuk kadar glukosa darah Anda. Jadi, konsumsilah buah-buahan yang segar ketimbang buah kalengan atau bahkan jusa kemasan yang ada dipasaran. Jenis buahnya sama namun kandungan gizi tak akan seperti buah-buahan segar.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser