-->
4 Persiapan Penting yang Harus Dilakukan Sebelum Cabut Gigi

4 Persiapan Penting yang Harus Dilakukan Sebelum Cabut Gigi

4 Persiapan Penting yang Harus Dilakukan Sebelum Cabut Gigi


Cabut Gigi
Gigi permanen akan Anda miliki seumur hidup. Namun, ada sejumlah alasan di tengah jalan yang membuat dokter gigi merasa perlu untuk melakukan operasi cabut gigi pada salah satu atau lebih gigi yang bermasalah. Entah itu keruskaan gigi yang terlalu parah, sehingga merpaikan lajur gigi yang terlalu padat sebelum pemasangan kawat gigi.

Operasi cabut gigi terlihatnya menakutkan padahal proses sebenarnya ini cukup sederhana dan terbilang singkat. Sayangnya, perencanaan yang tak tepat sebelum mencabut gigi bisa menyebabkan pemulihan yang lambat dan isu kesehatan gigi lainnya yang lebih parah. Berikut ini hal yang harus dipersipakan sebelum cabut gigi.

1.       Mengajak seseorang untuk menemani ke dokter gigi ikut ke dalam ruangan atau menunggu diluar selama operasi. Bukan untuk diajadikan trmpat bersandar anda untuk mengahadapi ketakutan akan operasi meski tak masalah. Sebba pusing, mual dan teler adalah efek samping umum dari obat bius, sehingga tergantung pada jenis anestesi yang digunakan dan beberpa banyak gigi yang harus dicabut.

2.       Yang boleh dan tidak boleh konsumsi
Pada umumnya, Anda dianjurkan tidak makan dan  minum (termasuk air putih) selama delapan jam sampai 12 jam sebelum operasi, namun dokternya akan memastikan seberapa lama waktu puasa yang diperlukan. Anda juga tidak diperbolehkan untuk makan dan minum apapun selepas tengan malam. Apabila Anda menggunakan bius lokal, hanya boleh memakan makanan ringan atau cemilan mengganjal lapar 1-2 jam sebelum berangkat ke dokter dan jangan merokok dalam 12 jam sebelum dicapur serta 24 jam setelah cabut gigi.

Apabila penderita diabetes atau sedang mengonsumsi obat resep lain (termasuk antibiotik yang direspkan oleh dokter gigi Anda untk mengobati infeksi yang Anda miliki saat ini). Lanjutkan konsultasikan hal ini lebih lanjut dengan dokter gigi.

3.       Memakai pakaian santai
Memakai pakain lengan pendek yang longgar dan nyaman saat hari-H ke dokter gigi untuk mencabut gigi. Walaupun dokter beserta stafnya berhati-hati untuk tak menodai pakaian Anda, pertimbangkan untuk memakai yang tak rusak atauapu ternodai. Jangan mengenakan perhiasan sebab Anda akan diminta untuk melepasnya sebelum dimulai. Jangan memakai lensa kontak, karena mata Anda kemungkinan tetap tertutup selama prosedur.

4.       Siapkan makanan untuk setelah operasi

Setelah gigi di cabut, Anda pasti akan mengalami ngilu dab pembekanakan ringan, sehingga nafsu makan akan meurun, disamping itu perlu mendapatkan asupan nutrisi yang tepat dalam proses penyembuhan yang optimal. Oleh karena itu, Anda harus menghindari makanan keras, asam, dan pedas yang bisa mengiritasi gusi. Begitupun jika Anda melakukan operasi pesamasangan gigi palsu, harus melindungi gigi dengan mengonsumsi makanan lembut, seprti puding, sup krim, oatmeal, atau bubur.

 Tak hanya itu, Anda harus mengonsumsi minuman yang mengandung nilai gizi tinggi seperti jus, atau protein shake yang mudah dibuat. Namun, harus diketahui jika minum jangn menggunakan sedotan, terutama stelah cabut gigi, sebab bisa menyebabkan kondisi dry socket yang menimbulkan komplikasi yang sangat menyakitkan sehingga haru kembali ke dokter gigi untuk melakukan perawatan.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser