-->
7 Cara Utama untuk Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut

7 Cara Utama untuk Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut

7 Cara Utama untuk Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut


Rasa tak nyaman pada mulut sangat mengganggu aktivitas Anda, seperti halnya sakit sariawan, gusi bengakak, gigi berlubang, bau mulut sehingga kesehatan gigi dan mulut buruk bisa menimbulkan berbagai komplikasi penyakit membahayakan. Berikut ini beberapa tips mudah yang berguna untuk merawat kesehatan gigi dan mulut.

1.       Jangan sikat gigi terlalu keras
Menyikat gigi sangat baik untuk menghilangkan plak gigi. Tetapi, apabila Anda menyikat gigi terlalu keras, gesekannya bisa merobek gusi dan mengikis enamel gigi yang relatif tipis. Sehingga gigi akan lebih sensitif dan pal gigi akan menumpuk, mengeras yang akibtnya menimbulkan gingvitis( peradangan gusi). Menyikat gigi lebih baik secara lembut dengan gerakan memutar dan mimikat gigi. Lamanya waktu yang baik sekitar dua menit.

2.       Sikat gigi sebelum tidur
Sikat gigi sebelum tidur berfungdi untk menghilangkan kuman dan plak gigi yang menumpuk lama sepanjang hari. Tak hanya menyikat gigi, Anda juga dianjurkan untuk menyikat lidah untuk menghilangkan kuman atau plak yang menempel pada lidah.

3.       Menggunakan pasta gigi berflourida
Flourida sering dijumpai pada minuman dan makanan yang Anda konsumsi. Flourida ini diserap tubuh yang digunakan oelh sel-sel yang membangun gigi dan berfungsi untuk menguatkan enamel gigi. Selain itu, bisa mempertahankan gigi supaya tidak rusak. Jadi, sebaiknya anda menggunakan pasta gigi yang mengandung flourida.

4.       Jangan merokok
Tembakau bisa membuat gigi kuning dan bibir menghitam. Selain itu resiko yang palih buruk adalah penyakit gusi dan kanker mulut. Jadi, berhentilah merkokok sekarang.

5.       Minum lebih banyak air
Air putih adalah minuman yang terbaik untuk kesehatan secara keseluruhan, salah satunya untuk kesehatan mulut Anda, sebab bida membersihkan beberapa efek negatif dai makanan dan minuman yang menempel di gigi. Apabila bosan dengan rasa air putih yang hambar. Ada banya cara kreatif untuk melatih Anda lebih banyak minum air putih.

6.       Batasi konsumsi makanan yang manis dan asam
Mengonsumsi makanan manis dan asam akan diuabah menjadi asam oleh bakteri di mulut yang kemudian bisa menggerogoti enamel gigi, sehingga gigi akan mudah berlubang. Anda hanya perlu membatasi konsumsinya saja.

7.       Makan makanan yang bergizi
Seperti halnya air, makanan yang bergizi juga baik untuk kesehatan gigi dan mulut Anda. Misalnya biji-bijian, kacang-kacangan, buah, sayuran dan produk susu yang bisa memberikan nutrisi yang Anda butuhkan.


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser