-->
8 Fakta Unik Mengenai Kentut yang Belum Anda Ketahui

8 Fakta Unik Mengenai Kentut yang Belum Anda Ketahui

8 Fakta Unik Mengenai Kentut yang Belum Anda Ketahui

Kentut
Membicarakan yang brkairan denga kentutu terdengar agak memalukan. Padahal studi rmrnunjukan kentut merupakan siklus dalam tubuh yang harus dikeluarkan. Luar biasanya lagi kentut bisa mencegah resiko kembung hingga kanker. Berikut ini fakta menarik mengenai kentut.

1.       Apa itu kentut?
Menurut bahasa tertua dalam bahasa Inggris disebut Fart atau kentut. Kentut disebbakna oleh udara yang terjebak di berbagai sumber. Udara itu masuk melalui saat Anda menelan, mungunyah atau minum. Udara ini merembes masuk ke usus dan dibawa oleh darah.

Gas kentut terdiri 59% nitrogen, 21% hidrogen, 9% karbon dioksida, 7% metana dan 4% oksigen. Hanya sekitar satu persen dari kentut terdapat gas hidrogen sulfida dan markaptan yang mengandung sulfur. Sulfur inilah bisa membuat kentut bau busuk.

Jika kentut menimbulkan suara baisanya terjadi karena getaran rektum, sedangkan kenyaringannya bisa bervariasi, tergantung seberapa banyak tekanan gas serta otot sfingter.

2.       Mengapa kentut bisa bau?
Bau kentut terjadi karena Anda mengosumsi makanan seperti kacang-kacangan, kubis, keju dan telur sehingga bisa menyebabkan bau busuk.

3.       Orang kentut rata-rata 14 kali sehari
Rata-rata orang mengahsilkan sekitar setengah liter kentut setiap hari. Walaupun banyak wanita tak akan mengakuinya, wanita lebih sering kentut daripada pria. Apabila seseorang, kentut terus menerus selama 6 tahun dan 9 bulan, mereka akan menghasilkan gas dengan energi setara dengan bom atom.

4.       Kentut hanya keluar 10 sampai 15 detik
Kecepatan gas yang dikeluarkan saat kentuthanya sekitar 10-15 detik. Walaupun terganggu dengan bau kentut akan cepat hilang.

5.       Bahaya menahan kentut
Kentut ialah bagian alami ari sistem pencernaan. Maka dari itu hidnarilah menahan kentut sebisa mungkin. Menahan kentut akan menyebabkan masalah kembung, dan gejala tidak nyaman lainnya di perut. Dalam studi kasus, menahan kentut bisa menyebabkan wasir atau gangguan usus.

6.       Ada beberapa budaya yang menyukai bau kentut
Seperti halnya di Negara Cina, Anda bisa mendapatkan pekerjaan jika kentutnya berbau busuk. Menurtu mereka, bau bsusk menandakan Anda profesional. Kemudian di Roma Kuno, Kaisar Claudius mengesahkan undang-undang yang menyatakan kentut bisa diterima saat perjamuan.

7.       Kentut mudah terbakar
Kentut mengandung gas metana dan hidrogen, jadi hal ini akan mudah terbakar.

8.       Orang bisa kentut setelah mati
Ini menjadia bukti jika Anda tak bisa melarikan diri lewat gas, bahkan meninggal samapai tiga jam pun, gas akan keluar melalui kedua ujung saluran pencernaan. Sehingga jang heran jika mayat juga bisa bersendawa atau mengeluarkan suara kentut. Fenomena ini disebabkan karena kontraksi otot
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser