-->
Akibat Kurang Tidur Bisa Memicu 5 Penyakit Berbahaya, Penelitian Yang Membuktikannya

Akibat Kurang Tidur Bisa Memicu 5 Penyakit Berbahaya, Penelitian Yang Membuktikannya

Akibat Kurang Tidur Bisa Memicu 5 Penyakit Berbahaya, Penelitian Yang Membuktikannya

Kurang tidur
Bertambahnya usia kadang semakin sulit untuk mengatur jadwal istrirahat, khususnya jika seseorang sudah mencapai dewasa. Kesibukan dan aktivitas yang pada membuat susdah untuk tidur dengan teratur. Terkadang kurang tidur yang cukup. Padahal kurang tidur bisa memicu munculnya sejumlah penyakit berbahaya. Bukan sekedar badan yang capek dan letoh sepanjng hari, jika bekepenjangan maka Anda akan berisiko mengalami penyakit berikut ini.

1.       Alzhaimer
Dalam penelitian menyebutkan ada kaitannya antara kurang tidur dengan penyakit Alzahimer. Bahkan apabila kurang tidur menjadi kebiasaan, maka Alzhaimer akan semakin parah.

2.       Obesitas
Kurang tidur memicu obesitas. Dalam penelitian menjelaskan jika kurang tidur bisa menyebabkan berat badan naik. Sebab ketika tidur, tubuh akan mengeluarkan hormon yang membantu mengontrol nafsu makan, menjada metabolisme dan memproses glukosa. Jika tubuh kurang tidur, Anda akan merasa terus lapar walau sudah mendapat cukup makan.  Hal ini akan berdmpak pada asupan kalori melebihi batas normal dan membuat berat badan meningkat.

3.       Diabetes
Kurang tidur juga bisa memicu munculnya diabetes tipe 2, sebab terjadi gangguan pad pemrosesan glukosa di tubuh. Sebuah penelitian, melakukan riset disekolpok pasien sehat yang mengurangi jma tidurnya dari 8 jam atau lebih menjadi 4 jam per malam, hasilnya pemrosesan glukosa dalam tubuh lebih lambat dibandingkan jia mereka tidur 12 jam.

4.       Penyakit jantung
Kurang tidur juga akan meningkatkan tekanan darah setipa kali bangun tidur. Naiknya tekanan darah yang disebut hipertensi jika dibiarkan terus menerus dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular atau terkene penyakit jantung.

5.       Gangguan kesehatan mental

Depresi dan gangguan mental dapat muncul akibat kurang tidur. Hal ini dibuktikan dalam penelitian dengan subjek tidur 4,5 per jam dalam semalam akan mudah stres, sedih, marah dan capek karena mental. Akan terlihat kurnag semnagat. Masalah dan gangguan itu dapat hilang ketika bisa tidur yang cukup disetipa malamnya
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser