-->
Jangan Mengucek Mata, Begini Cara yang Benar Mengatasi Mata Kelilipan

Jangan Mengucek Mata, Begini Cara yang Benar Mengatasi Mata Kelilipan

Jangan Mengucek Mata, Begini Cara yang Benar Mengatasi Mata Kelilipan

Ilustrasi mengucek mata
Tindakan yang Anda lakukan setelah mengetahui mata kelilipan pasir atau debu, makan anda akan refleks langsung mengucek mata, atau meminta teman meniup mata. Tetapi, berhati-hatilah. Cara yang kurnag tepat mengatasi kelilipan bisa membuat Anda berisikon terkena infeksi. Berikut ini cara yang benar untuk mengatasi mata kelilipan. Pertolongan pertama menagtasi kelilipan.

1.       Jangan mengucek mata
Saat kelilipan, hal yang perlu di ingat ialah janggan mengucek mata. Mengucek mata akan menimbulkan goresan pada permukaan mata yang disebut dengan abrasi kornea. Cucliah tangan dengan sabun dan air yang mengalir seblum mngeluarkan sesuatu di mata Anda. Kemudia jika mengenakan lensa kotnak, lepaslah terlebih dahulu untuk memastika lensa kontak tak tergores atau robek.

2.       Kedipkan mata dengan cepat, berualang kali
Jangan menggunakan penyeka kapas atau benda tajam misalnya pinser untuk menyentuh bola mata. Caranya dengan berkedip cepat secara beulang kali. Buka mata dengan lebar dab berkedip dengan cepat untuk mengeluarkan benda asing itu. Yang perlu diingat, jangn menyentuh bola mata Anda secara langsung.
Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengeluarkan benda asing di mata:

1.       Cobalah berkedip untuk membiarkan air mata Anda mencucinya
a.       Apabila partikel berada dinalik kelopak mata bagian atas, tarik kelopak mata atas ke bawah dan lepaskan. Saat kelopak mata kembali ke atas, benda asing bisa terlepas dari kelopak mata atas dan keluar dari mata.

b.      Kemudian, bila bendanya ada di sudut mata Anda atau dibawah kelopak mata bagian baah, kelaurkan dengan kapas basah atau ujung kain bersih sambil menahak kelopak mata bawah dengan hati-heti tanpa menyentuh bola mata.

c.       Isi gelas kecil atau baskom dengan air. Letakkan mata Anda diatas permukaan air dan buka untuk membilasnya untuk membantu benda asing itu terbilas keluar.

2.       Apabila Anda kelilipan bahan kimia, misalnya tak sengaja memasukan air sabun atau sampo, hal yang dapat Anda lakukan ialah:

a.       Segera bilas mata dengan air bersih dengan memegangi kepala Anda di bawah keran atau dengan menuangkan air ke mata Anda dari wadah bersih. Jaga supaya mata tetap terbuka ketika disiram air. Lanjutkan membersihkan mata Anda selama 15 sampai 20 menit.

b.      Apabila mata Anda kelilipan bahan kimia lain yang berbahaya, hubungi penyedia layanan kesehatan atau mintalah seseorang membawa Anda ke gawat darurat  atau pusat perawatan yang mendesak.

c.       Jika mata Anda kelilipan bahan kimia lain yang berbahaya, segera setelah Anda melakukan langkah pertolongan pertama di atas, hubungi penyedia layanan kesehatan Anda atau mintalah seseorang membawa Anda ke gawat darurat atau pusat perawatan yang mendesak. Jika mungkin, bawa wadah bahan kimia itu ke dalam penyedia layanan kesehatan. Apabila berkonsultasi dengan dokter menderita saki mata parah atau dalam, mata terasa sakit atau iritasi 30 menit setelah mengerluarkan benda asing, matakelilipa pecahan kaca atau bahan kimia berbahaya, masih merasakan ada susuatu di mata Anda setelah mencoba mengeluarkan, tapi Anda tak bisa melihatnya, dan mata berdarah dan lain-lain.


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser