-->
Perbedaan Mandul Dengan Tidak Subur pada Pria dan Wanita

Perbedaan Mandul Dengan Tidak Subur pada Pria dan Wanita

Perbedaan Mandul Dengan Tidak Subur pada Pria dan Wanita

Bedanya mandul denga tidak subur pada pria dan wanita

Apakah Anda belum juga memiliki momongan setelah bertahun-tahun menikah? Kemudian apakah anda mandul atau tak subur? Mungkin selama ini Anda beranggapan bahwa mandul dan tidak subur memiliki arti yang sama, namun nyatanya berbeda. Berikut ini penjelannya.

Apa itu mandul?
Mandul yaitu tidak dapat memiliki anak. Pria dikatakan mandul apabila tak bisa menghasilkan sperma, atau spremana buruk, sehingga tak bisa membuahi sel telur dari perempuan. Hal ni terjadi, karene ada kerusakan permanen pada testis untuk memprosuksi sperma sedangkan pada wanita dkatakan mandul saat indug telur tak bisa melepaskan telur, sehingga wanita tak bisa melepaskan telur untuk dibuahi.
Meskipun seperti itu, nafsu seksual Anda tetap bekerja dengan normal, namun tidak bisa punya nak. Kemandulan tidka bisa diatasi dengan cara apapun berbeda dengan ketidak suburan.

Apa penyebab seseorang menjadi mandul?
Kemndulan bisa terjadia apabila sperma atau sel telur tidak bisa diproduksi, sehingga pembuahan tidak dapat terjadi. Salah satu penyababnya ialah pengobatan kanker atau kemoterapi. Selain itu, kemandulan pada wanita bisa terjadi karena manopause dini, yang mana indung telur sudah tak melepaskan telur lagi sebelu usia 40 tahun dan kelainan genetik. Kemudian yang terjadi pada pria jika melakukan kemoterapi akan menyebabkan keruskan pada testis sehingga tak bisa menghasilkan sperma atau jumlah produksi menjadi menurun (oligospermia), bahkan tak ada sama sekali (azoospermia).

Apa itu tidak subur?
Kebanyakan orang yang beranggapan bahwa tidak subur ialah mandul. Tetapi, tidak subur bisa memiliki anak. Dengan ushaa yang lebih. Ketidak suburan masih dapat diobatau, salah satunya dengan obat atau operasi. Bisa mencobauntuk melakuka inseminasi buatan atau program bayi tabung. Dikatakan tidka subur jika sulih untuk melakukan pembuahan atau mencapai kehamilan atau tak mampu mempertahankan kehamilan sampai bayi lahir. Perlu diketahui bahwa ada empat hal yang harus dipenuhi untuk mencapai kehamilan, apabila salah satunya tidak bisa dipenuhi, amka diaktakan anda tidak subur. Berikut ini keempat halnya.

1.       Adanya sperma
Indung telur bisa melpaskan telur ke tuba falopi
2.       Pembuahan
3.       Telur yang telah dibuahi sperma harus menempel di dinding rahim
4.       Tanda wanita yang tidak subur biasanya terlihat dari siklus menstruasi yang tidak teratur sedangkan pada pria adanya masalah pada hormo, misalmua perubahan pertumbuhan rabut atau fungsi seksual.
Ada berbagai faktor yang menyebabkan orang tak subur, baik pada wanita atapun pria. Berikut ini peneyebab ketidaksuburan pada pria dan wanita.

Penyebab perempuan tak subur
1.       Gangguan pelepasan telur. Hal tersebut dapat terjadi karena gangguan hormon, misalnya pada sindrom ovarium polikistik (PCOS), hiperprolaktinemia, hipertiroid atau hipotiroid.
2.       Kelainan di leher rahim atau uterus, misalnya kelainan dengan pembukaan leher rahim, polip di rahim, fibroid (tumor jinak), atau kelainan pada bentuk rahim.
3.       Kerusakan tuba falopi, karena terjadi salpingitis.
4.       Endometriosis, terjadi saat jaringan endometrium tumbuh di luar rahim.
5.       Adhesi panggul, bisa terjadi setelah infeksi panggul, operasi pada usus buntu, perut, atau panggul.
6.       Kanker dan pengobatan kanker, radiasi dan kemoterapi
7.       Keadaan  yang berhubungan dengan berhentinya menstruasi (amenorrhea), misal penyakit celiac, diabetes yang tidak terkontrol, dan beberapa penyakit autoimun (seperti lupus).

Penyebab laki-laki tidak subur
1.       Kelainan di fungsi psrema, terjadi karena adanya masalaj pada testis, cacat genetik, masalah kesehatan, atau infeksi
2.       Masalah pengeluaran sperma karena masalah seksual, seperti ejakulasi dini, penyakit genetik, masalah struktural.
3.       Faktor lingkungan, misalnya paparan pestisida, radiasi, merokok, alkohol, atau obat-obatan tertentu.

4.       Kanker dan pengobatan kanker, misalnya  radiasi atau kemoterapi yang bisa mengganggu produksi sperma.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser